TREND FASHION YANG GAK MASUK AKAL

TREND FASHION YANG GAK MASUK AKAL

Berbagai trend fashion diseluruh dunia memang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Fashion-fashion tersebut bisa dibilang menjadi bagian dari suatu budaya, tapi memiliki makna artistik yang sangat dalam. Ada banyak macam bagaimana bentuk, tata dan cara berdandan dan berpakaian tertentu akan mencerminkan suatu keadaan dan perilaku pada budaya tertentu, dari tahun ke tahun.

Termasuk ada beberapa trend fashion yang malah gak masuk akal, bahkan mungkin gak bikin nyaman seseorang. Padahal dengan adanya fashion kan harusnya buat seseorang semakin pede, tapi beda dengan fashion yang satu ini, beberapa trend fashion dibawah malah bikin penggunanya kesakitan bahkan bisa mematikan, seperti apa ya kira-kira fashion yang termasuk pada budaya itu?

1.Foot Binding

Fashion foot binding ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan di Cina, dengan cara mengecilkan telapak kaki. Tujuan dari foot binding ini untuk menghentikan pertumbuhan kaki pada perempuan. Tradisi seperti ini sudah ada sejak abad ke 10, dimana hanya seorang perempuan dari keluarga bangsawan yang bisa melakukan ini.

Mengapa hal ini dilakukan? karena menurut pria, wanita yang memiliki ukuran kaki kecil lebih dianggap sebagai kriterianya. So jangan aneh kalau misalnya perempuan pada jaman itu berlomba-lomba untuk mengecilkan kaki. Tapi dibalik itu semua, tradisi ini sangat membuat perempuan-perempuan di Cina menderita. Foot binding ini sudah bisa dimulai sejak umur 4 tahun. Prosesnya juga biasanya dilakukan saat musim dingin, sehingga saat kaki di press akan membuatnya lebih mati rasa.

2.Manchu Queue

 Tradisi fashion yang selanjutnya ini dilakukan pada tahun 1600 dimana, dinasti Manchu mengharuskan setiap pria harus berambut panjang serta menguncirnya. Modelnya pun sangat unik, dimana setiap pria harus mencukur habis dari ujung pelipis hingga mencapai tengah atas kepala. Lalu rambut yang tersisa dibelakangnya dibiarin panajng begitu saja dengan dikucir.

Dinasti Manchu ini memang membuat aturan yang sangat keras, karena siapapun yang melanggar dan tak mau mengikuti aturan, orang tersebut akan dihukum mati. Makanya banyak pria yang ingin rambutnya tetap pendek sehingga ia harus jauh dari perkotaan dan hidup di hutan. setelah dinasti itu berganti, barulah aturan ini dihapuskan.

3.Crinoline

 Selanjutnya ada trend fashion Crinoline yang berasal dari Eropa, yaitu rok yang terbuat dari kayu. Bagian bawah rok yang mereka gunakan itu membentuk lingkatan yang cukup besar, diameternya pun bisa mencapai 1 meter. Rok ini dibuat dari rangka kayu yang disusun seperti sangkar burung. Tentunya pemakaian kayu ini bisa membuat pemakainya menjadi lebih berat dan tidak nyaman. Bahkan mereka pun susah untuk duduk.

Banyak perempuan yang tak bebas ketika memakai pakaian seperti ini, disisi lain mereka seperti hidup di dalam sangkar. Namun memang fashion yang satu ini hanya bisa digunakan untuk para kaum bangsawan.

4.Lip Plates

Lip Plates merupakan tradisi untuk melebarkan bibir perempuan di Ethiopoa. Bibir-bibir ini bentuknya sangat gak masuk akal. Nyatanya disana memang semakin besar ukuran bibi perempuan dianggap semakin cantik. Karena dengan pernyataan itu, maka banyak perempuan yang sengaja melebarkan bibirnya. Biasanya mereka menggunakan tanah liat untuk melebarkan bibirnya dengan diameter bisa mencapai 20 cm.

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh perempuan yang memasuki usia 18 tahun atau menjelang pernikahan mereka. Karena 6-12 bulan sebelum mereka menikah, para ibunya akan menyayat bibirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *